Apakah Website Uptime dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Bisnis Anda ?

Spread the love

Ketika bisnis dari semua ukuran menjadi lebih tergantung pada kehadiran online, maka website uptime menjadi semakin penting. Untuk menghindari periode offline yang melumpuhkan bisnis, website harus memanfaatkan layanan dan teknologi IT terbaru yang dirancang dengan mempertimbangkan waktu kerja maksimum.

Untuk membantu Anda lebih memahami pentingnya uptime dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapai keandalan, kami akan melihat apa itu uptime, mengapa itu penting, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan uptime maksimum untuk website Anda.

Apa Itu Uptime ?

Pertama-tama kita perlu menjawab pertanyaan umum, yaitu apa arti uptime ? Untungnya, uptime bukanlah sebuah konsep yang sulit untuk dipahami. Uptime adalah ukuran berapa menit per tahun suatu website dapat tetap online. Misalnya, jika website tidak dapat berfungsi untuk periode enam jam karena kegagalan server atau koneksi yang membuat situs web mereka offline, maka enam jam tersebut akan dikurangi dari total waktu operasional bisnis untuk tahun tersebut.

Mengapa Uptime Penting ?

Alasan pertama dan bisa dibilang paling berdampak mengapa uptime sangat mahal berkaitan dengan pelanggan yang hilang. Ketika bisnis mengalami offline, mereka tidak dapat memberikan layanan kepada pelanggan mereka.

Selain kehilangan pelanggan, website yang mengalami downtime juga dapat menyebabkan kerugian produktivitas.

Untuk memahami angka uptime lebih lanjut, dibawah ini adalah contoh laporan uptime dari Uptime Robot dan Status Cake bagi website Markotop.

Note: Silahkan klik di gambar untuk mendapatkan laporan uptime secara live nya.

Monitor Website Markotop Dengan Uptime Robot

Monitor Website Markotop Dengan Status Cake

Bagaimana Pengaruhnya terhadap Bisnis Saya ?

Konsekuensi lain dari website yang offline adalah kerusakan reputasi, karena pelanggan memiliki harapan tinggi bagi perusahaan yang mereka pilih untuk berbisnis. Ketika seorang pelanggan memilih perusahaan, mereka ingin tahu bahwa mereka bekerja dengan organisasi yang sepenuhnya profesional dan handal. Menerima pesan kesalahan ketika mereka mencoba mengunjungi situs website perusahaan tidak meningkatkan kepercayaan pelanggan bahwa mereka bekerja dengan profesional dan organisasi yang handal.

Bagaimana Mendapatkan Uptime Yang Bagus ?

Salah satu hal yang mendasari waktu uptime adalah kehandalan server yang dipergunakan bagi website Anda. Oleh karenanya agar selalu menjadi pertimbangan utama untuk mempergunakan web hosting provider yang handal, misalnya Geek Storage atau Mechanic Web.

Kesimpulan

Pada saat semakin banyak perusahaan hampir sepenuhnya bergantung pada teknologi online mereka untuk berfungsi, memiliki teknologi yang offline untuk waktu yang singkat sekalipun bisa berakibat sangat mahal. Perlu diingat bahwa offline termasuk:
– Pelanggan yang hilang
– Hilangnya produktivitas
– Kerusakan reputasi perusahaan
– Biaya yang terkait dengan membawa bisnis kembali online


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 16 =