Istilah-istilah Dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi

Spread the love

Istilah-istilah Dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, ada banyak sekali daftar istilah-istilah yang terkadang jarang kita dengar. Berikut adalah beberapa daftar istilah yang ada dalam teknologi informasi dan komunikasi beserta maksudnya.

Istilah-istilah Dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bandwith
Ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam mentransfer data pada jangka waktu tertentu.

Bitnet
Secara teknis, Bitnet merupakan jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Dalam hal ini sebuah pesan email dari sebuah komputer ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke server lainnya sampai tiba di komputer tujuan.

Banner
Media informasi yang berbentuk gambar, biasanya untuk menampilkan iklan bergambar pada sebuah halaman web.

Chat
Sebuah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan, berbentuk tulisan secara real time.

Chatting
Istilah yang digunakan saat melakukan interaksi dengan fasilitas chat.

Client
Sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.

Dial up
Jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon, sebuah proses transfer atau pengambilan data dari internet yang di download ke komputer.

E-commerce
Istilah yang dipakai untuk perdagangan atau transaksi perbankan di internet.

Domain name
Nama khusus untuk menandakan sebuah alamat web di internet.

E-mail
Sebuah fasilitas untuk mengirimkan pesan atau menerima pesan dalam bentuk tulisan. Berbeda dengan chat, e-mail tidak secara real time.

FTP – File Transfer Protocol
Adalah protokol antar muka yang digunakan untuk mentransfer, mengirim, atau menerima file dari internet.

Freeware
Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis, setiap orang diperbolehkan mengambil file tersebut.

GIF – Graphic Interchange Format
Suatu format file gambar. GIF mempunyai ukuran file yang kecil sehingga banyak yang digunakan sebagai format gambar di internet.

Hacker
Orang yang ahli di bidang komputer, internet pada khusunya. Dengan keahliannya, hakcer dapat menembus, merusak serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan delam suatu jaringan komputer (termasuk internet), misalnya merusak website yang ada serta merusak program yang telah dibuat oleh webmaster atau administrator.

Homepage
Halaman depan atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet.

HTTP – Hyper Text Transfer Protocol.
Protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.

HTML – Hyper Text Markup Language
Bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan dalam bahasa program.

IP Address
Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

Intranet
Sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan menggunakan jaringan komputer yang ada.

ISP – Internet Service Provider
Berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet, maka kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.

JPEG – Joint Photografic Experts Group
Selain GIF, JPEG merupakan file gambar yang banyak digunakan diiternet, JPG mempunyai ukuran file yang lebih kecil.

Log in
Otorisasi yang dilakukan oleh seorang user untuk masuk ke halaman pribadi dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet).

Logoff/Logout
Keluar dari sebuah sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).

Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

Mailing List
Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

Network
Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.

Offline
Terputus atau tidak terhubung ke dalam suatu jaringan.

Online
Terhubung ke dalam suatu jaringan.

Password
Kode rahasia yang digunakan oleh pengguna untuk dapat mengotorisasikan username yang ia miliki untuk dapat memasuki sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet)

Protokol
Aturan yang ada untuk melakukan tuga tertentu, misalnya di internet ada protokol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, ada protokol yang mengirimkan e-mail, dan sebagainya.

Search engine
Sebuah fasilitas di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang diperlukan pengguna.

Server
Sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh client. Server biasanya dikendalikan oleh seorang admin.

Upload
Proses pengiriman atau transfer data dari komputer yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

User
Pemakai atau pengguna dalam kompuer (termasuk internet).

Voice-mail
Sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

VOIP – Voice Over IP.
Suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).

VPN – Virtual Private Network.
Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual “tertutup” (private).

Virus
Program tersembunyi yang dapat menumpang pada program lain yang terdapat pada internet atau pada e-mail yang sangat merugikan pengguna, program tersebut dapat merusak program lainnya di komputer ataupun website.

WAP – Wireless Application Protocol
Adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim pesan, bahkan untuk kalender, jadwal serta gambar.

Webmail
Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan e-mail melalui sarana web.

WML – Wireless Markup Language.
Salah satu turunan dari format HTML yang khusus dikembangkan untuk dipakai pada protokol WAP.

Web Browser
Program komputer yang digunakan sebagai media untuk berselancar di internet.

Web Page
Halaman yang dapat ditampilkan website di internet, yang dapat menampilkan teks, gambar, bahkan suara, animasi, video, dan sebagainya.

www – World Wide Web
Kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi yang dapat digunakan bersama-sama.

Webmaster
Seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.

XML – Extensible Markup Language.
Pengembangan lebih lanjut dari format HTML yang digunakan dalam World Wide Web. XML memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan HTML, diantaranya dokumen lebih terstruktur, memungkinkan manipulasi tampilan data tanpa harus berhubungan dengan webserver, serta pertukaran data antar dokumen.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 1 =